Selasa, 27 Desember 2011

contoh proposal pmw

BAB I
PENDAHULUAN
a.      Latar Belakang
Di-era globalisasi Persaingan yang semakin kompetitif dalam dunia kerja, menuntut mahasiswa menjadi fitur yang lebih terampil dalam melakukan sebuah usaha yang dapat dijadikan alternatife yang dapat membantu keuangan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan kuliahnya sebelum menyelesaikan studi di perguruan tinggi manapun. Kemampuan komunikasi, kepemimpinan, kerjasama, manajemen, serta jiwa kewirausahaan adalah di antara kebutuhan keterampilan yang sangat penting dalam meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam menghadapi persaingan di tengah-tengah masyarakat nantinya.
Untuk meningkatkan daya saing mahasiswa dalam mengahadapi persaingan khususnya di bidang kewirausahaan nantinya, maka di buatlah program mahasiswa wirausaha sebagai sarana yang sangat effektif dalam menumbuhkembangkan jiwa wirausaha mahasiswa dan diharapkan berpengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan wirausaha baik dari segi wawasan maupun praktek usaha di lapangan. Hal ini akan menjadi bekal yang memadai sebelum mahasiswa memperoleh gelar sarjana dan terjun langsung mengamalkan keilmuan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.
Selain pengembangan kapasitas mahasiswa di bidang wirausaha, diharapkan pula lahir kreator yang innovator di bidang wirausaha dengan mengandalkan kreatifitas mahasiswa dan melihat peluang pertumbuhan usaha kecil menengah di negara-negara seperti pertumbuhan ekonomi Cina yang begitu pesat saat ini karena didukung sekian banyak home industry yang tertata oleh manajemen yang baik. Diharapkan hal yang sama juga berlaku di indonesia untuk mewujudkan lahan pekerjaan bagi banyaknya tenaga kerja yang ada, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. selain itu, dengan adanya usaha seperti ini di harapkan generasi muda di Indonesia lebih kreatif lagi dalam mengasah kemampuan berwirausaha mereka, khususnya di wilayah Kalimantan Timur bagian utara mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya salah-satunya melalui bidang wirausaha.


b.      Tujuan
Tujuan utama kami mengikuti kegiatan wirausaha seperti program mahasiswa-mahasiswi wirausaha tahun  2011 di Universitas Borneo Tarakan bertujuan untuk dapat menumbuhkan motivasi kami sebagai mahasiswa dalam berwirausaha dengan membangun mental percaya diri, bekerja keras, pantang menyerah, mampu memanajemen suatu usaha dengan baik, berani mengambil keputusan dengan konsekwensinya, memiliki visi yang jelas dan memiliki interaksi sosial yang baik di tengah-tengah masyarakat. Hal ini juga dapat melahirkan ragam usaha baru dan lapangan kerja baru dengan sumber daya manusia kreatif dengan latar belakang pendidikan perguruan tinggi.
Diharapkan setelah mengikuti kegiatan program mahasiswa wirausaha ini, kami mengharapkan kedepanya kami dapat memenuhi tujuan utama program ini.










BAB II
RENCANA BISNIS
Pada umumnya gambaran usaha terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut
a.    Gambaran Umum usaha
Bentuk usaha yang ingin di gambarkan disini adalah sebuah usaha franchise (wara laba), yang dimaksud adalah usaha kecil-kecilan dari rumah- kerumah yang tak menyalahi aturan-aturan yang ada, usaha ini juga merupakan usaha baru yang mampu bersaing di pasaran, walaupun masih tergolong usaha baru tapi memiliki prospek usaha yang dapat menjamin keuntungan dan pengembanganya serta tak terlalu sulit untuk di kembangkan di Kota Tarakan, yang memang menjanjikan peluang usaha bagi setiap warga masyarakat. Dengan peran sebagai kota transit, jasa dan perdagangan serta jumlah penduduk yang telah menembus lebih dari 200.000 jiwa ikut melengkapi potensi usaha di daerah ini.
Usaha ini juga di jalankan oleh mahasiswa yang mencoba merambah dunia usaha sebagai salah satu alternative untuk menambah wawasan serta kreatifitas dalam berwirausaha yang kelak dapat berguna bagi mahasiswanya itu sendiri dalam menghadapi persaingan nantinya.

b.      Produk Usaha yang direncanakan
            Jenis produk yang ingin di hasilkan di sini berupa makanan dan minuman. Hal yang menjadi faktor mengapa kami menjadikan usaha yang kami beri nama café goceng aspurie ini sebagai pilihan usaha kami karena belum adanya makanan sejenis ini. Oleh karena itu, di sini kami mencoba memperkenalkan kepada masyarakat usaha yang kami geluti, serta apa saja keunggulan produk yang kami hasilkan nantinya dan apakah dapat memberikan manfaat bagi konsumen yang menjadi sasaran pemasaran kami.
            Kami juga akan melakukan survei untuk melihat apakah produk yang telah kami pasarkan dapat memenuhi permintaan pasar. kami juga harus bisa mengantisipasi kemungkinan terhadap persaingan dari jenis-jenis makanan kecil lainya yang mempunyai prospek sama dengan produk kami. di sinilah kami ingin menonjolkan keungulan-keungulan produk kami yang tidak di miliki produk lainya. Untuk lokasi usaha, kami mengunakan tempat tinggal kami sebagai tempat produksi produk. di jln. markoni gang 6 Rt 22  no 99, sedangkan lokasi usaha kami merencanakan untuk tahap pertama kami akan melakukan penjualan dengan menitipkan produk usaha kami ke toko-toko yang ada di sekitar tempat produksi, juga di warung-warung tradisional di sekolah-sekolah, dan untuk tahap selanjutnya diharapkan produk ini dapat merambah dunia pasar lebih luas lagi misalnya dapat di pasarkan di toko swalayan atau minimarket maupun supermarket bahkan mungkin menjadi usaha yang cukup di perhitungkan di Indonesia.

c.       Rencana Pemasaran
            Pemasaran memainkan peranan penting bagi kesuksesan usaha. Kunci utamanya kita harus memahami kebutuhan atau keinginan pasar (konsumen). Oleh sebab itu, strategi pemasaran harus benar-benar matang dan bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang menjadi target utama kami. di sini produk yang kami hasilkan sesuai untuk semua kalangan karena keunikan rasanya yang memiliki beberapa tingkatan variant rasa yang di sesuaikan dengan lidah masyarakat indonesia pada umumnya serta dapat mencakup segala usia.
            Pasar yang akan di hadapi adalah pasar yang sedang berkembang sehingga produk yang kami hasilkan akan dengan cepat mendapatkan tempat di kalangan masyarakat. di sini juga konsumen sangat berperan penting sebagai promoter usaha kami melalui promosi mulut kemulut, hal ini di pastikan akan lebih menjanjikan dan dapat meningkatkan pangsa pasar yang ingin di capai. Selain itu kami juga harus memperhatikan hal-hal yang dapat membuat produk kami di sukai di kalangan masyarakat. misalnya dari segi rasa, kemasan, atau ketahanan produk serta harga produk kami. Apakah sesuai dengan target pasar yang ingin kami rambah nantinya? jangan sampai produk yang kami hasilkan malah tidak sesuai dengan harga pasar, kami  juga harus bisa mempertahankan konsumen agar bisa meningkatkan pangsa pasar.

d.        Rencana Operasional
Dalam rencana operasional kami harus memikirkan tentang anggaran, jadi Anggaran yang di gunakan harus realistis bukan fantastis. Keuangan adalah nyawa dan darah dari usaha, oleh karena itu kami harus benar-benar mempersiapkanya secara teliti, matang dan bijaksana, untuk keberhasilan suatu usaha. kami harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan misalnya anggaran yang kami gunakan harus realistis bukan fantastis, anggaran juga harus mencakup dana rill yang di perlukan untuk memulai usaha star up cost dan juga dana untuk operasional sehari-hari, di sini kami ingin mengemasnya menjadi dua macam porsi, porsi pertama mengunakan plastic untuk porsi kecil, dan porsi ke dua mengunakan wadah sejenis tupperware untuk porsi besar.
Untuk memproduksi usaha ini di perlukan sumber daya manusia sebanyak 2 (tiga) orang, dengan 1 (satu) orang bertugas sebagai tenaga distribusi pemasaran, dalam distribusi pemasaran ini juga di tekankan promosi pada konsumen secara langsung, selanjutnya di harapkan promosi dari mulut-kemulut akan membuat café  goceng aspurie ini semakin di minati masyarakat setempat bahkan diharapkan bisa menjadi jajanan khas kota tarakan nantinya.

e.      Manajemen dan Organisasi
Perencanaan manajemen yang baik jika kita mampu menjalankan usaha secara mandiri dengan perencanaan yang matang baik waktu dan tempat merupakan hal yang penting untuk kesuksesan kegiatan usaha. Oleh karena itu di harapkan mahasiswa memiliki jiwa wirausaha yang mandiri serta dapat melihat kelemahan-kelemahan yang ada dalam produk dan bagaimana cara mengatasinya. yang akan mengisi posisi keanggotaan dalam struktur keorganisasian kelompok usaha café goceng aspurie yang terdiri dari Ketua Kelompok sebagai pengagas ide café goceng dan juga yang bertugas sebagai produsen café goceng tersebut, Sekretaris yang bertugas mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan produksi, serta ikut membantu dalam proses pelaksanaanya, Bendahara yang mengatur anggaran-anggaran yang di butuhkan dan menyiapkan apa saja yang di butuhkan dalam proses pembuatan café goceng aspurie. di sini bendahara juga merangkap sebagai distributor yang akan menjajakan produk yang telah di hasilkan.
Koordinasi akan dilakukan secara rutin kepada pembimbing maupun penyelenggara kegiatan dalam hal ini Universitas Borneo Tarakan terhadap perkembangan yang terjadi nantinya dalam usaha yang kami buat ini.







Rancangan  Jadwal Kegiatan
Usaha Café Goceng Aspurie

No.

Uraian
Bulan ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1.
Pembuatan Proposal












2.
Tahapan Persiapan












3.
Realisasi Kegiatan Usaha












4.
Evaluasi & Monitoring












5.
Laporan Usaha














Susunan Pengurus Kelompok Usaha
Café Goceng Aspurie
Pembimbing Kelompok
M Thobroni, M. Pd.
 NIP: 0725087802
Ketua
Sahri bulan. P
NPM: 10.601020.034













Sekretaris
Muspiyah
NPM: 10.601030.039
                                                               
Bendahara
Salmawati
NPM: 10.401020.035






f.       Lokasi Usaha
Letak usaha sedikit banyak menjadi berpengaruh terhadap perkembangan kegiatan usaha. Pada kegiatan usaha ini letak produksi produk Café goceng aspurie di jalan imam bonjol  gang 6 markoni Rt.22 No. 99. Sedangkan untuk tempat penjualan kami mengunakan sistem menitipkan produk yang telah kami hasilkan di warung-warung tradisional yang ada di sekolah-sekolah, dan di toko-toko kecil yang ada di sekitar tempat pembuatan.


g.      Rencana Finansial dan Struktur Permodalan
            Gambaran rancangan anggaran biaya yang diproyeksikan pada kegiatan usaha sebagai berikut.
Perhitungan Finansial Per Bulan
No.
Keterangan
Harga Sat. (Rp)
Vol. Produk/ Bulan
Pemasukan
(Rp)
Pengeluaran
(Rp)
1.
Café Goceng Aspurie


Rp. 5.000.000,-
-
2.
Biaya Operasional
Rp.      3.619.000,-
Lunsum
-
Rp. 2.725.000,-
3.
Honor Anggota
Rp.         500.000,-
3 Orang
-
Rp. 1.500.000,-
SALDO
Rp. 775.000,-


Modal Tetap
No.
Keterangan
Harga Satuan
(Rp.)
Vol.
Jumlah
(Rp.)
1.
Kompor gas
500.000
2
1.000.000,00
2.
Tabung gas 14 Kg
700.000
2
1.400.000,00
3.
Meja panjang+tikar
300.000
3
900.000,00
4.
Alat dapur+makan


3.000.000,00
5.
Belender
450.000
2
900.000,00
6.
Pembakaran roti


1.000.000,00
7.
Sewa tempat per 1 bln


4.000.000,00
Rekapitulasi Modal Tetap
12.200.000,00

Modal Tidak Tetap (Perkiraan Perbulan)
No.
Keterangan
Harga Satuan
(Rp.)
Vol.
Jumlah
(Rp.)
1.
Buah


2.000.000,00
2.
Gula pasir
15.000
10kg
150.000,00
3.
Roti


50.000,00
4.
Minyak goreng
15.000
20 kg
300.000,00
5.
Lombok
65.000
1 kg
65.000,00
6.
Garam
10.000
3 bgks
30.000,00
7.
Sasa
14.000
2 bgks
28.000,00
8.
Tepung
12.000
10 kg
120.000,00
9.
Bawang merah
20.000
2 kg
40.000,00
10.
Bawang putih
18.000
2 kg
36.000,00
11.
Plastic untuk kemasan
15.000
10 bgks
150.000,00
12.
Bumbu-bumbu tela


50.000,00
13.
Bumbu gorengan


50.000,00
17.
Beban Listrik+air
150.000
1 bln
150.000,00
18.
Honor Personil
500.000
3 org
1.500.000,00
19.
Isi ulang tabung gas
200.000
2 tbung
400.000,00
Rekapitulasi Modal Tidak Tetap
    5.119.000,00

Rekapitulasi Modal Tetap Dan Modal Tidak Tetap
No.
Jenis Pengeluaran
Anggaran yang diusulkan
(Rp.)
1.
Modal Tetap
12.200.000,00
2.
Modal Tidak Tetap
3.619.000,00
3.
Honor Personil
1.500.000,00
Total Biaya Yang Dibutuhkan
17.319.000,00
     Terbilang: Tujuh Belas Juta Tiga Ratus Sembilan Belas Ribu Rupiah,-






BAB III
PENUTUP
Kami harapkan dengan adanya proposal ini kami dapat merealisasikan usaha café goceng aspurie ini, kami sangat mengharapkan saran dari semua pihak sebelum bahkan setelah pembuatan proposal pengembangan usaha Café Goreng Aspurie ini Kami buat, Adapun harapan yang kami inginkan agar produk yang kami buat dapat berjalan dengan baik/lancar sehingga dapat berkembang menjadi usaha besar dan dapat diperhitungkan di Indonesia untuk kedepanya, dan untuk para kalangan masyarakat kami mengharapkan bisa menerima produk yang kami tawarkan. Besar harapan Kami untuk pihak-pihak donator dapat membantu Kami sehingga rencana ini dapat terealisasikan, atas perhatian dan bantuannya Kami ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar